Friday, February 22, 2008

KPR Pertama ku

Hari ini akad kredit KPR ku disahkan.Salah satu moment dlm hidup terlewati sudah.Berarti mulai saat ini dan 10thn kedepan aku udah punya kewajiban untuk membayar cicilan perbulan.Tiap bulan gaji ku hrs disisihkan buat bayar cicilan KPR ku. Semoga Allah senantiasa memberiku kemampuan u/ memenuhi semua kewajibanku...Aminn. Walau awalnya ngeri juga membayangkan semua kewajiban yg hrs aku pikul hingga beberapa tahun kedepan.Tapi yah klo gak gitu kapan bisa kebeli rumah?? lagian daripada setiap gajian habis gak ketahuan hasilnya, ya lebih bagus punya kewajiban.Nekat aja deh

Tadi pagi datang jam 10 pagi ke bapindo plaza,setelah taruh ID ke satpam gedung langsung menuju lantai 2 di bagian consumer loans bank mandiri.Saking mau buru2 takut telat eh malah salah masuk lift.Lantai 2 gak ada bablas langsung lantai 10.Terpaksa d turun lift dulu buat ganti lift yang ke lantai 2.Sampai di lantai 2,lapor satpam lagi sambil serahin buku tabungan,KTP dan meterai 18 lembar(kebanyakan ternyata).Diruangan itu udah penuh dengan orang2 yang mau akad kredit juga.

Gak sampai nunggu lama udah dipanggil buat menghadap notaris.Dijelasin isi dari APHT (akta pengikatan hak tanggungan) dan AJB (akta jual beli).Alhamdulillah sertifikat rumahnya udah di split oleh developernya jadi urusannya lebih mudah daripada sertifikat jumbo yg blom dipecah ke beberapa unit rumah.Dari awal beli perumahan di bilangan ciputat itu udah salut sm pihak developernya krn lebih transparan dlm menjelaskan kondisi rumahnya.Berkali2 saya tanyakan kapan saya harus lunasi uang mukanya krn udah disiapin dr awal maksudnya biar cepet urusannya tapi saya diberitahu pak Toto bagian marketing klo dia gak akan jual rumah yang blom beres surat2nya termasuk yg sertifikatnya blum beres.Trimakasih pak Toto dan bu Yani dari PT Esta Sarana Lestari. Krn awam banget tentang surat2 tanah, status tanahku gak sekalian ditingkatkan dari SHGB (sertifikat hak guna bangunan) ke SHM (sertifikat hak milik).Jadi untuk sementara tanah dan rumahku masih berbentuk SHGB yang masa berlakunya masih 30thn lagi.Kata sang notaris SHM bisa diurus sendiri,malah bisa lebih murah biayanya klo ngurus sendiri ke BPN tanpa perantara notaris/PPAT.Yo wis lah, enough for a while.

Selesai dari notaris lalu menghadap pihak Bank Mandiri untuk urusan kreditnya.Dijelasin ibu Tya/Kartika bla..bla..bla.. lalu tanda tangan SPPK nya termasuk tanda tangan asuransi jiwa,asuransi kerugian (banjir dan kebakaran), pernyataan auto debet untuk realisasi KPR dll yang polisnya akan dibagikan bulan depan. Alhamdulillah urusan selesai jam 12.00.
Trimakasih Ya Allah, smoga engkau selalu memberi yang terbaik dlm hidupku ini.A m i n ....

1 comment:

Anonymous said...

Rumahnya Vila Dago ya? Akyu juga pengen punya rumah disana nih, tapi udah coba telpon PT Esta Sarana Lestari, yang terima Ronny, katanya mau nge-fax lembar perhitungan harga, sampe sekarang nggak dikirim-kirim tuh... Mana njawab telponnya males-malesan, slenge'an gitu...