Monday, February 25, 2008

Perginya Sang Guru Mengaji

Hari minggu kemarin tgl 24/02/2008 salah seorang guru mengajiku telah berpulang ke rahmatullah.Beliau yang pertama kali mengajarkan huruf arab padaku.Yang menarik dari kepergian beliau adalah cara Allah mencabut nyawa seorang yang soleh.Sesuai dengan namanya Ahmad Soleh, kesehariannya sangat bersahaja.Sebagai seorang purnawirawan TNI AL,dihari tuanya diisi dengan mengajar ngaji,bersepeda ontel yang menemaninya puluhan tahun.Baru 2 minggu lalu sepeda kesayangannya dicuri orang.Sambil tersenyum dia bilang "sepedanya biasa ditaro begitu aja,gak pernah dikunci.Baru kali ini ilang" saat ditanya knapa bisa hilang sepedanya.
Pak oleh, begitu orang memanggilnya,meninggal didalam masjid beberapa saat setelah beliau masuk untuk berjama'ah sholat subuh.Sebelumnya saat menuju masjid,2 kali beliau terjatuh dari sepedanya.Disarankan oleh temannya untuk pulang saja,tapi ia sangat ingin sholat subuh berjamaah,seperti kebiasaannya sehari2.
Selesai sholat tahiyatul masjid,Bbruuukk...badannya oleng lalu ambruk dgn mata terpejam sperti orang enahan kantuk.Dengan mata terpejam,lamat2 terdengar beliau melafadzkan kalimat "La Ila Ha IlaLLahu.." beberapa kali sebelum akhirnya suaranya tak terdengar lagi.Nampak senyum kedamaian terlihat dari raut wajahnya.
Siangnya saat jenazahnya disholatkan di masjid,hujan deras tiba2 mengguyur padahal sebelum sholat awan sangat cerah.Sempat terpikir "gimana ya upacara penguburannya wong hujan deres begini?". tak dinyana selesai sholat jenazah langit tiba2 cerah kembali.
Raungan sirine dari voorijder motor kawal dari POMAL dan Provoost POLRI menghantar ke peristirahatan terakhir sang purnawirawan sersan mayor TNI AL menuju pemakaman taman bahagia di bilangan bintaro.Tembakan salvo yang dilakukan 1 pleton marinir melepas kepergian pak soleh yang sangat soleh dimata kami di peristirahatan terakhir bernama taman bahagia.Selamat jalan pak oleh....smoga Allah menerima segala amal dibadahnya dan berbahagia di taman bahagia di alam sana.

No comments: