Friday, November 28, 2008

SELAMAT JALAN PAK DAN BU USTADZ

Awal cerita sepulang dari kantor, berdering telp dirumahku. Dari ujung telp mengabarkan adik istriku kecelakaan di daerah purworejo. Adik iparku ini kuliah di di UNDIP semarang. Menurut temannya ia sedang dlm perjalanan ke jogya naik motor lalu disenggol truk di daerah purworejo. Malam itu juga aku dan istriku pergi naik kereta ekonomi menuju purworejo tanpa tahu harus menginap dimana kelak sampai sana.
Sementara di rumah, bapaku mencari2 alamat saudaranya yg berada di purworejo.Ketemulah nomor telp pak muhsin dgn istrinya ibu endang yang tinggal disekitaran purworejo. Mereka sebenarnya sodara jauh, ibu endang satu kakek dgn bapaku. Namun dlm adat jawa hub kekerabatan itu termasuk dekat. Aku tidak ingat pernah bertemu ibu endang, krn sewaktu bertemu dulu aku masih dlm gendongan ibuku.

Sampai di kota purworejo pagi hari,aku dan istri langsung bertanya2 arah ke RSU purworejo.Kota yang tak pernah kusinggahi seumur hidupku. Alhamdulillah jalan disana tidak berliku2 seperti di jakarta yang sumpek.Alhamdulillah dikota yang asing bagiku ini ada saudara mungkin bisa jadi tempat kami menginap sementara.
Bertemu di RS setelah sebelumnya kami berjanji u/ bertemu pak muhsin dan bu endang di RS. Kami saling bertatapan, serasa ada feeling inilah sodaraku diantar sekian banyak orang disana. Kesan pertama dia adalah orang yang ramah dan baik. Lalu bu endang memeluk diriku,sambil menitikan air mata,"kalo tidak ada kejadian ini, kita gak akan saling kenal ya nak teguh, terakhir liat njenengan masih di gendongan skarang udah tinggi, masya Allah2x..."

Selama dipurworejo aku menginap di rumah mereka, sungguh mereka orang2 yang ramah, aku seakan jadi tamu agung disana. Dengan kesederhanaannya mereka menjamu kami dengan penuh penghormatan. Semoga Allah membalas kebaikan mereka...amin

Selama disana saya sempatkan sholat di mesjid sekitar rumah, disana aku baru tau juga klo pak muhsin adalah imam tetap disana. Mereka menyebutnya ustadz muhsin. Alhamdulillah pikirku, ada sodara ku yang jadi orang alim. Dari cerita orang sekitar situ akupun baru tahu kalo pak muhsin dan kelg nya yang sangat aktif bermasyarakat salah satu hasilnya menjadikan mesjid di kampung ini jadi lebih bagus dari sebelumnya yang sekedar "musholla".
Singkat cerita kami mendapati seorang saudara yang dalam kesederhanaan hidupnya mereka mampu keluar dari keterbatasannya u/mampu berbuat yang terbaik u/ orang lain terutama buat warga sekitar rumahnya

Dan tadi malam, sepulang kerja dering telpon datang dari kota purworejo, mengabarkan mereka ,pak muhsin dan istrinya bu endang secara tragis meninggal dalam kecelakaan motor. Dari cerita sodaraku, saat pak muhsin dan bu endang sedang mengendarai motornya tiba2 ditabrak oleh satu sepeda motor berboncengan 3 orang. Kabarnya mereka sambil mabuk mengendarai motornya dengan kencang setelah dikejar2 polisi dalam razia preman. Sungguh mengenaskan, orang sebaik mereka harus berakhir tragis seperti itu. Motor yang dikendarainyapun pernah aku pinjam untuk perjalanan purworejo-temanggung.

Alhamdulillah prosesi pemakaman mereka dihadiri ratusan bahkan ribuan orang yang merasa kehilangan orang yang baik seperti mereka, kabarnya antrian menuju pemakamannya mengular sampai 1KM. Semoga Allah menerima segala amal baik mereka, semoga Allah memasukan ke dalam surgaNYA seperti janji ALLAH dlm al Qur'an surat al mu'min 8 "Ya Tuhan, masukkanlah mereka ke dalam syurga 'Adn seperti yang telah Engkau janjikan kepada mereka, Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana" amin....

Wednesday, September 3, 2008

UNGKAPAN DAN DALIL FIQH

walillahi masyriqu wal maghribu, fa'aynama tuwalu fasamma wajhullah (Al Baqarah 2:115)
Dan kepunyaan Allah dari timur sampai barat, kemanapun kau menghadap disitulah wajah Allah

yuridullahi bikumul yusro , wala yuridu bikumul 'usro
Allah menghendaki kemudahan bagimu, Allah tidak menghendaki kesukaran bagimu (Al Baqarah 2:185)

ina aqromakum indallahi atqoqum (Al Hujuraat 49:13)
Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu

La iqroha fiddiin (Al Baqarah 2:256)
Tiada pemaksaan dlm beragama

Qulla tu'minu, walakin Quluw aslamna walamma yadkhulil 'imanu fi quluwbikum (Al Hujuraat 49:14)
Katakanlah (kepada mereka): Kamu belum beriman,tetapi katakanlah kami telah mauk islam, karena iman itu belum masuk ke dalam hatimu

Yarfa'illahululadzina amanu minkum, waladzina uwtul ilma darajatan (Al Mujaadilah 58:11)
Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat

Inama harama 'alaikumul maytata,waddama,wa lahmal hinziri,wama uhilabihi lighoirillah (Al Baqarah 2:173)
Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang (yang disembelih) disebut (nama) selain Allah

Ya ayuhaladzina amanu la tuharimu thoyibati ma 'ahalallahu lakum (Al Maidah 5:87)
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu

'Uhilalakum shoidul bahri wa to'amahu mata'alakum (Al maidah 5:96)
Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu

Famankana minkum mariidhon aw 'ala safarin fa'idhatum min ayya min ukhor wa'ala ladzina yutiquwnahu fidyatun tho'au miskin(Al Baqarah 2:184)

Maka jika di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin

'Uhilalakum lailatashiamirrofashu ilanisa'ikum (Al Baqarah 2:187)
Dihalalkan bagi kamu pada malam hari puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu

Wakulu washrobu hatta yatabayana lakumul khoitul abyadu minal khoitil aswadi minal fajri (Al Baqarah 2:187)
Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar


wasta'inu bishobri wa sholat (Al Baqarah 2:45)

Jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu


wakafa billahi waliyan wakafa billahi nashiroo (An Nissa 4:45)

Dan cukuplah Allah menjadi Pelindung (bagimu). Dan cukuplah Allah menjadi Penolong bagimu

Man fattaro sho'iman, falahu mislu 'ajrihi, min ghoiri an-yanquso, min 'ajrisho'imi shoi'a
Barangsiapa memberi buka puasa kpd org yg berpuasa, baginya pahala seperti orang yg berpuasa tanpa mengurangi pahala orang berpuasa sedikitpun (HR Al Baihaqi dan Ahmad di shahihkan M Nashirudin al Albani)

Yassiru wa la tu'assiru Basyiru wa la tunaffiru

Permudah lah jangan kau persulit...Gembirakanlah jangan kau jadikan mereka lari(HR bukhari /muslim)
Al kalimah ath thoyibah shodaqoh = perkataan yg baik adalah shodaqoh

Wednesday, February 27, 2008

PERTEMPURAN LAUT ARU

Sudah beberapa hari ini terlihat bapaku sibuk sekali. Sesekali dia mencari2 dokumen didalam tas usangnya,lain waktu terlihat mengernyitkan keningnya lalu mengisi sebuah form dengan pensil. Krn penasaran aku lsg bertanya pd nya. Rupanya dia sedang mengurus u/ menjadi veteran.sudah berkali2 ibu memaksa u/ segera mengurus veterannya,tapi rupanya dia blom berniat.baru kemarin pas didepan rumahnya diadakan pertemuan veteran ranting klp gading beliau br berminat."selain bisa banyak ketemu temen2 lama juga lumayan tunjangan per bulannya lah".setelah aku liat2 dokumennya aku baru tau klo bapaku dulu pernah ikut beberapa operasi trikora,dwikora.pemberontakan DI/TII.yang menarik adl piagam yang klo gak salah ditanda tangani mayjend soeharto/AH nasution dlm operasi dwikora. Walau bapaku gak ikut kontak tembak langsung dan termasuk yg selamat tp tetap dapat penghargaan hehehe.....tahun 60an dia adalah ABK KRI macan kumbang, Salah satu diantara kapal yang ikut dlm "pertempuran" yg terkenal dengan pertempuran laut aru(laut arafuru) nya komodor josaphat Soedarso (Yos Soedarso). Krn penasaran dgn cerita pertempuran tsb,aku coba cari2 di google ttg pertempuran tsb yg selalu diperingati tiap tgl 15 januari sbg hari Dharma Samudra.

Dari berbagai sumber termasuk dari bapaku yang pernah menjadi ABK KRI macan kumbang itu aku dapet gambaran ttg pertempuran laut aru itu sbb,

"Ada beberapa versi mengapa KRI tsb malah menghampiri kapal belanda. Sebagian mengatakan kendali kapal macet sehingga tidak bisa berputar haluan, malah menuju kearah musuh. Ada pula yg mengatakan Yos Soedarso sengaja memerintahkan kapal tetap melaju kedepan untuk mengorbankan diri agar ke dua kapal lainnya selamat (Soedomo mengkritik keputusan yos soedarso ini yg dianggap salah olehnya), lainnya mengatakan komando salah dengar, harusnya kapal menuju 239derajat(?) malah 229derajat(?) sehingga arahnya lurus. Nakhoda kapal (kelasi suharmadji) dlm sebuah wawancara berkeyakinan dia mendengar perintah u/ tetap maju. Mungkin waktu itu keadaan sangat genting dengan ruang kendali yang sudah rusak. Komodor Yos soedarso melalui radio meneriakan perintah "kobarkan semangat pertempuran"."
selengkapnya klik disini...

Monday, February 25, 2008

Perginya Sang Guru Mengaji

Hari minggu kemarin tgl 24/02/2008 salah seorang guru mengajiku telah berpulang ke rahmatullah.Beliau yang pertama kali mengajarkan huruf arab padaku.Yang menarik dari kepergian beliau adalah cara Allah mencabut nyawa seorang yang soleh.Sesuai dengan namanya Ahmad Soleh, kesehariannya sangat bersahaja.Sebagai seorang purnawirawan TNI AL,dihari tuanya diisi dengan mengajar ngaji,bersepeda ontel yang menemaninya puluhan tahun.Baru 2 minggu lalu sepeda kesayangannya dicuri orang.Sambil tersenyum dia bilang "sepedanya biasa ditaro begitu aja,gak pernah dikunci.Baru kali ini ilang" saat ditanya knapa bisa hilang sepedanya.
Pak oleh, begitu orang memanggilnya,meninggal didalam masjid beberapa saat setelah beliau masuk untuk berjama'ah sholat subuh.Sebelumnya saat menuju masjid,2 kali beliau terjatuh dari sepedanya.Disarankan oleh temannya untuk pulang saja,tapi ia sangat ingin sholat subuh berjamaah,seperti kebiasaannya sehari2.
Selesai sholat tahiyatul masjid,Bbruuukk...badannya oleng lalu ambruk dgn mata terpejam sperti orang enahan kantuk.Dengan mata terpejam,lamat2 terdengar beliau melafadzkan kalimat "La Ila Ha IlaLLahu.." beberapa kali sebelum akhirnya suaranya tak terdengar lagi.Nampak senyum kedamaian terlihat dari raut wajahnya.
Siangnya saat jenazahnya disholatkan di masjid,hujan deras tiba2 mengguyur padahal sebelum sholat awan sangat cerah.Sempat terpikir "gimana ya upacara penguburannya wong hujan deres begini?". tak dinyana selesai sholat jenazah langit tiba2 cerah kembali.
Raungan sirine dari voorijder motor kawal dari POMAL dan Provoost POLRI menghantar ke peristirahatan terakhir sang purnawirawan sersan mayor TNI AL menuju pemakaman taman bahagia di bilangan bintaro.Tembakan salvo yang dilakukan 1 pleton marinir melepas kepergian pak soleh yang sangat soleh dimata kami di peristirahatan terakhir bernama taman bahagia.Selamat jalan pak oleh....smoga Allah menerima segala amal dibadahnya dan berbahagia di taman bahagia di alam sana.

Friday, February 22, 2008

KPR Pertama ku

Hari ini akad kredit KPR ku disahkan.Salah satu moment dlm hidup terlewati sudah.Berarti mulai saat ini dan 10thn kedepan aku udah punya kewajiban untuk membayar cicilan perbulan.Tiap bulan gaji ku hrs disisihkan buat bayar cicilan KPR ku. Semoga Allah senantiasa memberiku kemampuan u/ memenuhi semua kewajibanku...Aminn. Walau awalnya ngeri juga membayangkan semua kewajiban yg hrs aku pikul hingga beberapa tahun kedepan.Tapi yah klo gak gitu kapan bisa kebeli rumah?? lagian daripada setiap gajian habis gak ketahuan hasilnya, ya lebih bagus punya kewajiban.Nekat aja deh

Tadi pagi datang jam 10 pagi ke bapindo plaza,setelah taruh ID ke satpam gedung langsung menuju lantai 2 di bagian consumer loans bank mandiri.Saking mau buru2 takut telat eh malah salah masuk lift.Lantai 2 gak ada bablas langsung lantai 10.Terpaksa d turun lift dulu buat ganti lift yang ke lantai 2.Sampai di lantai 2,lapor satpam lagi sambil serahin buku tabungan,KTP dan meterai 18 lembar(kebanyakan ternyata).Diruangan itu udah penuh dengan orang2 yang mau akad kredit juga.

Gak sampai nunggu lama udah dipanggil buat menghadap notaris.Dijelasin isi dari APHT (akta pengikatan hak tanggungan) dan AJB (akta jual beli).Alhamdulillah sertifikat rumahnya udah di split oleh developernya jadi urusannya lebih mudah daripada sertifikat jumbo yg blom dipecah ke beberapa unit rumah.Dari awal beli perumahan di bilangan ciputat itu udah salut sm pihak developernya krn lebih transparan dlm menjelaskan kondisi rumahnya.Berkali2 saya tanyakan kapan saya harus lunasi uang mukanya krn udah disiapin dr awal maksudnya biar cepet urusannya tapi saya diberitahu pak Toto bagian marketing klo dia gak akan jual rumah yang blom beres surat2nya termasuk yg sertifikatnya blum beres.Trimakasih pak Toto dan bu Yani dari PT Esta Sarana Lestari. Krn awam banget tentang surat2 tanah, status tanahku gak sekalian ditingkatkan dari SHGB (sertifikat hak guna bangunan) ke SHM (sertifikat hak milik).Jadi untuk sementara tanah dan rumahku masih berbentuk SHGB yang masa berlakunya masih 30thn lagi.Kata sang notaris SHM bisa diurus sendiri,malah bisa lebih murah biayanya klo ngurus sendiri ke BPN tanpa perantara notaris/PPAT.Yo wis lah, enough for a while.

Selesai dari notaris lalu menghadap pihak Bank Mandiri untuk urusan kreditnya.Dijelasin ibu Tya/Kartika bla..bla..bla.. lalu tanda tangan SPPK nya termasuk tanda tangan asuransi jiwa,asuransi kerugian (banjir dan kebakaran), pernyataan auto debet untuk realisasi KPR dll yang polisnya akan dibagikan bulan depan. Alhamdulillah urusan selesai jam 12.00.
Trimakasih Ya Allah, smoga engkau selalu memberi yang terbaik dlm hidupku ini.A m i n ....

Wednesday, January 30, 2008

JARI TENGAH GUNANYA UNTUK.....

Seorang anak yang masih berusia 13 tahun dan baru kelas VI SD bertanya pada ayahnya,
Anak : "Yah... apa fungsi jari-jari tangan?"
Ayah : "Oh.. begini nak, pertama jari kelingking fungsinya kalau kamu marahan sama temenmu bisa kamu tunjukan, terus jari manis untuk cincin biar manis kelihatannya, selanjutnya (sang ayah melewati jari tengah dan langsung pada jari telunjuk) jari telunjuk untuk menunjuk sesuatu, terakhir jari jempol bila kamu mau bilang sesuatu bagus ato hebat."
Anak : "Trus jari yang tengah untuk apa?"
Ayah : (berpikir sejenak...) "nak.. nanti kalo kamu udah gede, udah kawin, baru ayah kasih tau ,sabar yah"
Waktupun berlalu akhirnya si anak udah gede dan menikah pas sesudah acara makan dihari pekawinan anaknya bertanyalah si anak pada ayah.
Anak :"ayah masih ingat dulu ayah pernah bilang mau kasih tau fungsi jari tengah pada saya"
Ayah : "oh iyah... begini (sambil berbisik) kalo nanti kamu
berhubungan intim dengan istrimu dan kamu udah capek
nah.. itulah fungsi jari tengah..."
Anak : "Maksud ayah??
ayah :"Ah..kamu ini gimana sih.... yah itu gunain jari tengahmu itu."
Anak : "gimana caranya????"
Ayah : "Sini, masak kamu nggak mikir sih......jari tanganmu diangkat trus dorong ke jidat istrimu itu......bilang GUE UDAH CAPEK,, BLEKOK!!!!!

Tuesday, August 21, 2007

GRATIS TELEPON KE SEMUA OPERATOR DENGAN FREN

Kabar terbaru !!! Mulai hari ini, FREN dapat bertelepon gratis ke semua operator dengan menggunakan cara tertentu (password). Dengan password ini anda dapat bertelepon gratis !!!. Mau tau caranya ...?, simak baik-baik langkah berikut ini dengan benar :
1. Minimal ada 2 orang (anda dan 1 teman) dan kedua nya sama-sama mempunyai hp.
2. Pastikan hp teman anda dalam keadaan on (aktif)
3. Tentukan terlebih dulu nomor telepon yang akan anda tuju
4. Ketika anda akan telepon, harus menggunakan password yaitu, “fren..fren... pinjem telponnya dong...pliisss... “ ucapkan password ini berulang kali sampai teman anda mau meminjamkan hp-nya. Dijamin.. Dengan FREN... Anda bisa telpon gratis ke semua operator!!

Thursday, July 26, 2007

Fungsi Nomer IMEI pada HP

Kemarin sedang browsing,nemu tulisan tentang tips fungsi IMEI pada HP bila HP kita hilang.Namun lupa websitenya.Intinya setiap HP memiliki 15 digit serial number yang unik(IMEI), artinya : tidak mungkin sama dengan HP lainya. Untuk mencatat nomor ini, anda bisa melihat nomer ini dibalik body HP,dibalik baterai.Atau untuk lebih pasti lagi didapat dengan cara, tekan : * # 0 6 # X Lalu tekan : ok Selanjutnya : Pada layar akan tampil 15 digit kode. Catat nomor ini dan simpan di tempat yang aman. Jangan simpan di dompet,lebih baik ditinggalkan di rumah atau kantor yang kira2 menurut anda aman... Apabila HP anda dicuri, hubungi operator kartu SIM anda dan beritahukan nomer IMEI anda. Mereka akan dapat melakukan blocking sehingga HP tersebut tidak dapat digunakan sama sekali walaupun ditukar kartunya karena yang di block adalah HP nya dan bukan nomor panggilan HP.Semoga bermanfaat.

Thursday, July 12, 2007

UNTUK TUHAN DI SURGA

Dodo seorang bocah yang sangat ingin melanjutkan sekolah, tetapi orang tuanya tidak mempunyai uang untuk membiayai sekolahnya.Ibunya yang sedang sakit membutuhkan biaya untuk membeli obat.Lalu dia memutuskan untuk menulis surat kepada Tuhan:

*********************

Kepada Yth

Tuhan

di Surga

Tuhan yang baik, saya mau melanjutkan sekolah, tapi orang tua saya tidak punya uang. Ibu saya juga sedang sakit, mau beli obat. Tuhan saya butuh uang Rp.20rb untuk beli obat ibu, Rp.20rb untuk membayar uang sekolah, Rp.20rb untuk membayar uang seragam, Jadi semuanya Rp.60rb Tuhan.

Terima kasih Tuhan yang baik, saya tunggu kiriman uangnya.

Dari : dodo

*********************
Dodo pun pergi ke kantor pos untuk mengirim surat tsb. Membaca tujuan surat tersebut, petugas kantor pos merasa iba melihatnya , sehingga tidak tega mengembalikan suratnya. Bingung mau dikemanakan surat itu, akhirnya petugas pos itu menyerahkannya ke kantor polisi terdekat.

Membaca isi surat itu, Komandan polisi merasa iba dan tergerak hatinya untuk menceritakan hal tersebut kepada anak buahnya. Walhasil, para polisi pun mengumpulkan dana untuk diberikan ke dodo, tetapi dana yang terkumpul hanya Rp.55000.

Sang Komandan pun memasukan uang yang terkumpul ke dalam amplop, dan menulis keterangan "Dari Tuhan di Surga" dan menyerahkan ke anak buahnya utk dikembalikan ke dodo.

Menerima uang tersebut, dodo merasa sangat senang permintaannya terkabul, walaupun yang di terima hanya Rp.55rb. Dodo pun bergegas mengambil kertas dan pensil, dan mulai menulis surat lagi:

*********************

TUHAN LAIN KALI KALO MAU KIRIM UANG, JANGAN LEWAT POLISI, KARENA KALO LEWAT POLISI DI POTONG RP.5000!

*********************

Polisi : GUBRAKKKK.....

Wednesday, July 11, 2007

MALU AH.....

Ini pengalaman di Changi Airport waktu menunggu pesawat pulang ke Indonesia. Entah kenapa tiba-tiba perut gw terasa mules. Langsung aja gw masuk ke WC yang saat itu kebetulan sepi. Belum semenit duduk, gw denger suara bapak-bapak ngomong, "Gimana dek? Baik2 aja?" Kedengerannya dari WC sebelah.

Kaget juga, darimana dia tahu gw orang Indonesia. Karena gw nggak biasa ngobrol sama orang yg belum dikenal maka gw jawab aja sekenanya, "Ya, baik!!"

Eh, dia nanya lagi, "Sekarang gimana, sudah krasa lega?"

Wah, pertanyaan macam apa itu? Ada-ada aja. Baru juga nongkrong semenit, jadi gw jawab aja sekedarnya, "Lumayan..."

Dia jawab lagi, "Sama dong... tapi saya ada masalah dikit nih"

Gw mulai curiga, trus gantian gw yang tanya, "Masalah apa pak?"

Dia langsung jawab, "Iniii... ada orang CULUN di WC sebelah ikut-ikutan njawab pertanyaan saya dek, gimana kalau nanti saya telpon lagi? Ya ... sampai nanti..." brukkk...

MAKRIFAT

Tahapan manusia mendekatkan diri pada tuhannya dapat diumpamakan seperti proses kita berdekatan dengan pasangan kita entah istri atau pacar.
Tahap pertama saat kita tidak mengenal siapa pacar kita,kita disibukan dengan urusan yang bukan tentang si dia.Kita masih disibukan dengan aktifitas keseharian kita.
Tahap kedua saat kita baru mengenal si dia namun hanya sebatas mengenalnya.Memikirkan keberadaannya hanya sekedarnya saja.Pikiran kita masih disibukan dengan yang lain.
Tahap ketiga adalah saat kita bukan hanya mengenal namun mengisi hari2 kita dengan berinteraksi dengan si dia.Segala keinginan kita harus selaras dengan keinginannya.

Begitupun dengan tahapan kedekatan manusia dengan Allah.Pada tahap pertama kita belum mengenal akan keberadaan Allah,lalu meningkat pada tahap kedua menjalankan syari'at agama namun masih disibukan dengan urusan duniawi.Menjalankan fiqh islam namun hatinya belum sepenuhnya kepada Allah.

Tahap ketiga adalah tahap makrifat dimana menyatunya kehendak sang khalik pada hambanya.Segala kehendaknya selalu diselarasakan dengan kehendakNYA.Sifat2 terpuji Allah telah mengalir dalam kehidupannya.Kepada hamba2nya yang senantiasa mendekatkan diri kapadaNYA dengan amalan-amalan sunnah sampai Allah pun mencintainya maka jadilah Allah sebagai telinganya yang dia mendengar dengannya, mata yang dia melihat dengannya, tangan yang dia memegang sesuatu dengannya, dan kaki yang dia berjalan dengannya ~hadist qudsi~ (bukan wahdatul wujud karena yang dimaksud disini adalah ilmunya Allah bukan dzat Allah).Inilah tahap makrifat/mengenal Allah itu.

Lalu ada pertanyaan bagaimana cara termudah bagi orang2 sibuk seperti kita yang selalu saja disibukan dengan urusan duniawi untuk mencapai tahapan2 tertinggi bahkan tahap menuju makrifat.Cara termudah mendekatkan diri adalah dengan MENGINGAT.Mengingat adalah proses alamiah yang kita kerjakan sepanjang hidup kita. Mengingat nama sendiri, alamat, nomor telepon, ingat untuk berpakaian dsb. Dimana hampir semua aktifitas keseharian adalah mengingat-ingat.Dalam mengingat-ingat terjadi proses otomatis karena keseharian yang biasa kita kerjakan. Disinilah latihan spiritual kita lakukan, yaitu membiasakan diri dengan mengingat Allah, dalam keseharian kita.

Prakteknya sangat sederhana, yaitu dengan menyebut-nyebut nama Allah (bisa menyebut dalam hati) dalam setiap kesempatan diwaktu luang maupun diwaktu beraktifitas yang tidak terlalu membutuhkan konsentrasi. Seperti diwaktu menunggu, menyetir kendaraan, makan, dan kegiatan lainnya.Aktifitas menyebut nama Allah ini, nantinya juga akan menjadi proses otomatis, sama seperti kegiatan mengingat yang lainnya, bila kita mulai secara rutin dan kontinyu atau istiqomah.

Sebenarnya hal ini adalah proses rasional.Orang yang senantiasa ingat akan Allah, akan malu untuk berbuat kejahatan apalagi kemaksiatan. Hatinya akan senantiasa terisi dengan kebaikan, sehingga nafsu merusak akan jauh dari hatinya. Mulut dan lidahnya akan terjaga dari omongan yang akan membuat celaka. Tingkah laku serta gerak tubuhnya akan senantiasa berprilaku baik sesuai dengan cara mengingatnya. Otomatis dirinya akan terhindar dari kedzaliman orang lain.Allah senantiasa melindunginya.Kegiatannya akan senantiasa mengundang rasa sayang dari sesama, dan ridho dan rahmat Allah senantiasa tercurah untuknya.aminnn.......Selamat mencoba!!!

Wednesday, July 4, 2007

BANG DODO JAGOAN PASAR

Tersebutlah bang dodo seorang jagoan pasar kampung yang merasa dirinya hebat.Untuk melegalisasikan kehebatannya, bang dodo bertanya kepada para pedagang yang biasa dia mintai uang palaknya.

Bang dodo: "Giman!!! siapa jagoan di pasar ini?"

Giman(tukang bubur) : "tentu andaaa donk ,bang dodo."

Banggalah bang dodo mendengar itu. Kemudian ia bertemu dengan saman tukang ketoprak

Bang dodo: ",saman!!! siapa yang berhak ngumpulin duit palakan di pasar ini???"

Saman: "Tentu aja bang dodo lah."

Mendengar jawaban-jawaban dari sebagian pedagang yang ia temui, merasa sombonglah si dodo. Kemudian ia berjalan lagi, dan di tengah jalan ia bertemu dengan seorang pembeli yang berbadan tegap.

Bang dodo : "woi mas, lo tau gak siapa jagoan sini?"

Tetapi orang itu tidak menjawab, dan diluar dugaan,,, orang itu langsung menghajar dan menginjak-injak bang dodo hingga babak belur. Bang dodo langsung kabur terbirit birit.Setelah berlari menjauh dari orang itu, bang dodo berteriak kepada orang itu

Bang dodo: "Kalo nggak tau jawabannya jangan marah gitu dong mas...!!! Saya kan cuman nanya..." teriak bang dodo sambil megangin kepalanya yang benjol